Selasa, 18 Oktober 2016

Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan

Pelayanan Prima 

 

Pengertian Pelayanan Prima 
Pelayanan Prima (excellent service) adalah suatu pelayanan terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain, pelayanan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas.

Faktor - Faktor Pelayanan Prima  
  • Sikap (attitude) yaitu perilaku atau perangai yang harus ditonjolkan ketika menghadapi pelanggan.
  • Perhatian (attention) yaitu kepedulian penuh kepada pelanggan.
  • Tindakan (action) yaitu berbagai kegiatan nyata yang harus dilakukan dalam memberikan layanan kepada pelanggan.
  • Kemampuan (ability) yaitu pengetahuan dan keterampilan tertentu yang mutlak diperlukan untuk menunjang program pelayanan prima.
  • Penampilan (appearance) yaitu penampilan seseoarang baik yang bersifat fisik maupun nonfisik. 
  • Tanggungjawab (accountability) yaitu suatu sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai suatu wujud kepedulian. 
Tujuan Pelayanan Prima 
  1. Untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasaan pada pelanggan. 
  2. Untuk menjaga agar pelanggan merasa dipentingkan dan diperhatikan segala kebutuhannya.
  3. Untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang/jasa yang kita tawarkan.
Karakteristik Pelayanan 
  • Pelayanan bersifat tidak dapat diraba, pelayanan sangat berlawanan sifatnya dengan barang jadi. 
  • Pelayanan pada kenyataannya terdiri atas tindakan nyata dan merupakan pengaruh yang bersifat tindakan sosial. 
  • Kegiatan produksi dan konsumsi dalam pelayanan tidak dapat dipisahkan secara nyata, karena pada umumnya terjadi dalam waktu dan tempat yang bersamaan.
Hal -Hal Yang Harus Diperhatikan Agar Penampilan Serasi 
  • Penampilan serasi dengan riasan wajah.
    Penampilan serasi dengan busana dan aksesori yang baik.
    Penampilan serasi dengan kepribadian dan ekspresi wajah yang baik dan manis.


    sumber : (Modul Memberikan Pelayanan Kepada Pelanggan) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar